Rabu, 28 Oktober 2009

18 Langkah Rahasia Manager Sukses

18 LANGKAH RAHASIA
MANAGER SUKSES

EXECUTIVE HAND BOOK


18 LANGKAH
RAHASIA MANAGER SUKSES

JENIS-JENIS
KESALAHAN FATAL & CARA MENDOBRAKNYA.

Drs. Sumardhi H. Sukrisna


********************************************************************

DAFTAR ISI

Pengantar VII
Halaman kesaksian
Membentuk budipekerti

(1). Tetapkan visi dan misi jabatan sekarang juga
(2). Pimpinlah diri anda sebelum memimpin orang lain
(3). Usahakan orang lain menyukai anda sebelum mereka membencinya
(4). Bangunlah sikap positip tinggalkan yang negatip
(5). Rahasia besar urusan dengan manusia
(6). Tingkatkan kompetensi untuk kepuasan pelanggan
(7). Ciptakan keseimbangan
(8). Hindari perdebatan perbanyak diskusi
(9). Mereka berkeinginan agar selalu dianggap berguna
(10).Cari strategi agar selalu yang pertama
(11).Berikan motivasi diri dan orang lain
(12).Buatlah orang lain percaya anda
(13).Jaga harga diri dimata orang lain dan pelanggan
(14).Buat putusan cepat, tepat dan akurat
(15).Maju bersama masalah,terima kesalahan dengan iklas
(16). Setiap orang tidak mau diperintah
(17). Jadilah murid dari guru yang unggul
(18). Jika orang lain bisa andapun pasti

*******************************************************************

PENGANTAR


Keberhasilan bukan berarti tanpa kegagalan, orang-orang yang berhasil adalah
mereka yang dapat menyelesaikan dengan baik dari kegagalannya.


Anda sering mendengar iklan yang cukup menarik. “Cara gampang mendapatkan uang. Sekejab anda akan menjadi kaya”. Dengan iklan itu pasti anda tertarik dan mencobanya.
Itu bagi anda yang memiliki pemahaman bahwa kaya itu mudah dan cepat dapat dicapainya. Dan memang ada sebagian yang berhasil dalam waktu singkat menjadi kaya.
Buku ini bukan untuk orang-orang semacam itu, tetapi untuk anda yang berkeinginan
berhasil tetapi dengan ketekunan, keuletan, kemampuan diri dan strategi
menggunakan orang lain untuk mencapai keberhasilan.
Kata kunci “menggunakan orang lain” itulah yang akan dibahas dalam buku ini,
karena pada dasarnya keberhasilan anda ditentukan oleh berhasilnya orang lain.
Keberhasilan anda juga ditentukan bagaimana keberhasilan menggunakan orang lain
itu untuk mencapai sukses sesuai dengan cita-cita anda.

JADI MENGAPA ANDA HARUS MEMBACA ?
Adalah buku pedoman yang mengatur langkah demi langkah agar anda berhasil
melalui keberhasilan orang lain. Jika anda seorang Manager dari Perusahaan apapun, dan mungkin anda seorang Pejabat Pemerintah, seorang Executive atau anda
Kepala Bagian yang pada dasarnya pekerjaan anda harus dibagikan kepada orang lain,
maka anda seyogyanya membaca buku ini.
Tetapi anda yang belum menjadi Manager sekalipun, dan berkeinginan untuk menjadi pimpinan, terutama para Mahasiswa kader-kader masa depan, dianjurkan untuk mulai membaca buku ini, karena dalam perjalanan hidup anda harus semakin maju, harus semakin berhasil melalui keberhasilan orang lain.Paling tidak anda sudah memulai hari ini mempersiapkan diri untuk berhasil.

Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman dilapangan praktek oleh penulis, disamping tambahan dari beberapa literatur dan pendapat para ahli,tetapi juga pengalaman teman-teman dari penulis, dirangkum menjadi resep untuk penyembuhan dan kesehatan kita. Terutama kesehatan pola sikap dan pola pikir yang harus diarahkan menjadi sikap yang positip dan berpikir yang positip. Itulah yang dimaksud dengan sehat dalam buku ini. Berangkat dari pemahaman yang sehat, anda akan berhasil, akan sukses dalam kehidupan anda.

SEBUAH HARAPAN.
Berdasarkan pengalaman selama ini membaca buku adalah keinginan untuk tahu isi, maksud dan tujuanya. Sehabis membaca, sekilas anda tahu tetapi sebentar telah hilang dari ingatan.Belajar dengan buku ini, tidak seperti itu, karena setelah anda membaca, dan memahami sepenuhnya, anda langsung memberikan catatan apakah konsep dari pendapat penulis sesuai dengan pendapat anda. Dalam arti anda memiliki hak koreksi atas makna dari setiap konsep yang dibahas dan jika anda setuju berikan bobot nilai dalam prosentase pada kolom yang telah disediakan. Pada akhir anda membaca keseluruhan dari langkah-langkah yang penulis tetapkan dijumlahkan dan telah mencapai berapa presen dari jumlah masing-masing langkah. Jika mencapai diatas tujuh puluh lima persen, berarti dapat anda laksanakan. Tetapi jika kurang dari jumlah itu, tentu anda bisa melakukan koreksi antara pengalaman anda dan pengalaman penulis.
Dengan demikian dianjurkan selalu membaca dengan seksama dari semua konsep, dicatat dari konsep yang perlu dikembangkan untuk dipraktekan.

Sekali lagi dalam buku ini akan sangat bermanfaat untuk anda yang saat ini telah memiliki kedudukan ; Executive,Manager baik untuk Perusahaan Swasta maupun BUMN, juga para Pejabat Negara, akan tetapi sangat berguna untuk anda dan siapapun yang berkeinginan menjadi Manager dan atau pejabat Negara itu.
Selamat membaca.


***************************************************************
TERIMA KASIH SAYA UCAPKAN
KEPADA;

1. Istri dan anak-anaku :
Telah memberikan dorongan, semangat dan doa, sehingga buku ini diterbitkan dalam oplah yang cukup tinggi. Saya mengerti sekali ketika istri tercinta,tergeletak diruang ICCU selama empat puluh hari tanpa sedikitpun diberikan kesadaran karena pendarahan dalam otaknya,tetapi ketika saya mencoba membisikkan semangat untuk hidup ditelingamu, masih ada anggukan sekalipun diluar jesadaranmu.
Benar sekali anggukan itu adalah sebuah kesaksian hingga bisa bertahan hidup hingga saat ini karena kebesaranNYA. Kami bersyukur kepadaMU, kami berterima kasih kepadaMU,ya Allah, atas ridhomu istri tercinta masih bersama kami sampai saat ini.

2. Lukman Pudjiadi MBA
Mewakili ayah anda Syukur Pudjiadi (Alm), mengucapkan banyak terima kasih, telah memberikan kepercayaan pada beberapa Jabatan Direksi dalam Group Besar anda
"The Jayakarta Group".
Banyak keberhasilan yang saya raih, banyak sumbang saran yang saya berikan dan banyak karya nyata yang telah kami sumbangkan dalam jabatan saya
sebagai Human Resources Director dan pengabdian saya sebagai Corporate Secretary dari Perusahaan anda yang Go Public.
Terima kasih sekali lagi, karena buku saya ini terbit banyak terinspirasi dari tugas-tugas saya sekalipun semua kisah yang saya uraikan tidak sebenarnya terjadi dalam Group anda.

3. Prof.DR. Sukamdani Sahid Gitosarjono
Banyak saya tulis dan saya kembangkan dalam buku ini beberapa philosopy,prinsip-prinsip kerja,etos kerja,budaya perusahaan selama saya bergabung dan mengabdi di
"Perusahaan Group Besar Sahid"
Kepercayaan yang diberikan kepada saya adalah sebuah tangga keberhasilan sebagai Vice President Human Resources,sebagai Sekretaris Yayasan Pendidikan Sahid, Ketua Umum Dana Pensiun Sahid Group dan beberapa Jabatan Direksi dari beberapa Perusahaan
dibawah Sahid Group.
Adalah satu kesempatan yang sangat berharga dalam hidup dan kehidupan saya dan terbitnya buku ini banyak terinspirasi keberhasilan saya selama bertugas, sekalipun semua kisah-kisah yang saya uraikan dalam setiap artikel buku ini sama sekali bukan kejadian di Sahid Group.
Tak ada gading yang tak retak, tetapi keretakan gading kita jadikan sebuah ukir yang akan menghiasi setiap detak nafas saya.

4. Dale Carnegie
Terima kasih atas kesempatan mengikuti seminar dari Dale Carnegie dan banyak terinspirasi dari buka anda "How to Win Friends and Influence People". Satu buku yang telah mendunia dan telah diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia oleh Nina Fauzia NS, Editor Dr.Lyndon Saputra dan diterbitkan oleh Binarupa Aksara, Jakarta 1995.
Dari kepesertaan seminar dengan anda sekalipun hanya sekilas saya bertemu tetapi melalui buku-buku anda mendorong terbitnya buku ini.

5. Shiv Khera
Pertemuan disebuah pesawat dengan anda dan hadiah buku "You Can Win" saya sangat tertarik dengan philosopynya " Para pemenang tidak melakukan hal-hal yang berbeda, mereka hanya melakukan dengan cara yang berbeda"
Alih bahasa Tim Penerjemah Mitra Utama, penyunting Wandansari Mardiarti dan dicetak oleh Ikrar Mandiri Abadi.
Dari buku-buku Shive Khera ini banyak terinspirasi, terutama bagaimana mendorong orang lain untuk sukses.

6. Teman-teman penulis lain dan seprofesi;
Ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada teman-teman penulis lain seperti ; Dr Patricia Patton, Rudi Suardi, dr. R. Paryana Suryadiputra, M, Quraish Shihab, Anne Bruce, Anne Evans, dan serta teman-teman Direksi, Executive dan para Manager dimana saya pernah bekerja, teman-teman dosen dan para Mahasiswa saya yang semuanya telah memberikan inspirasi terbitnya buku ini.
Penulis ;
Drs. Sumardhi H. Sukrisna
shsukrisna@gmail.com
shsoekrisna@yahoo.co.id

**********************************************************
SEBUAH KESAKSIAN
Mungkin anda jarang mendengarkan pendapat anak buah anda yang menyindir dibelakang anda,ketika penulis menanyakan ; Apa pendapat anda tentang Manager? Apa bedanya Manager dengan Pemimpin? Adakah anda memiliki cita-cita menjadi Manager? Bagaimana menurut anda Manager atau Pemimpin yang baik? Lebih senang Manager Asing atau Manager bangsa sendiri?
Dibelakang anda mereka menjawab ; Manager adalah orang yang tukang kontrol, pengawas pekerjaan, dan tukang perintah.
Ada sebagian menjawab; Manager adalah seseorang yang apabila datang kita semua harus rajin bekerja, ditakuti, disegani karena dia yang menentukan nasib saya
Sebagian besar mereka mengetahui apa bedanya pemimpin dan manager dengan memberikan contoh, kalau pemimpin itu seperti Pak Presiden, sedang Manager seperti atasan saya. Pemahaman yang masih sangat sederhana yang menjadi tantangan untuk kita tingkatkan.

Ini sebuah kesaksian;
Dibelakang kita banyak hal buruk yang tidak jelas kita ketahui,tetapi tiu semua telah terjadi.Ada kecenderungan staf kita, teman kita, anak buah kita, selalu melaporkan hal-hal yang baik tentang diri kita dan tidak akan menyampaikan semua hal yang buruk atas kepribadian Manager-nya. Salah satu pintu keberhasilan pada jabatan Manager, adalah mendeteksi sedini mungkin dari semua kesalahan, semua perilaku yang tidak disenangi oleh teman-teman atau anak buah anda dan segera melakukan perubahan.

Sebagai konsultan, saya pernah mengatasi 750 karyawan yang melakukan unjuk rasa terhadap General Manager-nya dari Perusahaan besar yang telah dipimpinya selama 4 (empat) tahun berturut-turut. Satu kurun waktu yang cukup lama, tetapi tanpa disadari telah menciptakan endapan masalah dan kejengkelan dari seluruh karyawan terhadap USP- Ucap Sikap dan Perilaku dari Manager-nya. Seluruh karyawan mendesak kepada Direksi untuk hari ini segera diganti.
Sebuah lukisan besar photo Manager-nya dibakar rame-rame dihalaman depan. Spanduk bertuliskan ; turunkan dari kursi Manager, Usir si Keras kepala, Gantung rame-rame disini, keluarga Manager pemborosan, , sikat barang perusahaan yang telah dirubah menjadi milik pribadi, dan masih banyak lagi yang kurang pantas ditulis dalam kesaksian ini. Endapan masalah itu menumpuk dan membentuk gunung es yang muncul dari sebuah percikan kesalahan ringan menjadi ledakan kesalah fatal.
Dibawah ini berhasil saya catat beberapa ketidak senangan karyawan yang tidak diketahui oleh para Manager antara lain ;

(1). Tidak menjawab ucapan salam dari karyawan
(2). Keras kepala, tidak menerima saran dari manapun
(3). Melakukan perintah terlalu kasar
(4). Menonjolkan kekuasaan tunggal
(5) Banyak menggunakan kata kotor
(6). Ego dan terlalu menonjolkan keberhasilan sendiri
(7). Pemarah dan emosional
(8). Mementingkan diri sendiri
(9). Sombong dan membanggakan diri sendiri
(10). Tidak pernah memberikan sanjungan
(11). Tidak pernah mengucapkan terima kasih
(12). Banyak menyalahkan orang lain
(13). Kurang memperhatikan kebutuhan orang lain
(14). Memberikan perintah bersifat instruksi
(15). Banyak meninggalkan perusahaan
(16). Tidak bersikap adil (ingin menang sendiri)
(17). Membentuk kelompok eksklusif-nepostisme
(18). Banyak menggunakan bahasa tubuh negatip.

18 (delapan belas) masalah tersebut adalah kesimpulan-kesimpulan yang dirangkum dari protes para karyawan ketika melakukan unjuk rasa menuntut turunnya seorang Manager.
Dari 18 kesalahan fatal tersebut dalam buku ini kita bahas bagaimana cara mendobraknya, untuk bangkit menjadi Manager yang lebih baik lagi.

Hadapi maslah dan jangan tinggalkan masalah, karena sepeninggal anda, masalah menjadi semakin besar.
Belajar memecahkan masalah berati anda telah belajar memasuki pintu keberhasilan.

************************************************


LANGKAH PERTAMA
TETAPKAN VISI DAN MISI HARI INI JUGA

atau

VISI DAN MISI AKAN BERJALAN
SEIRING BERDIRINYA PERUSAHAAN

(ANDA TUNGGU PENERBITAN BERIKUTNYA)